Jun 122017
 
45 150p-01

Sebagai Pembimbing 1

Berikut adalah syarat-syarat bagi mahasiswa yang ingin mengambil skripsi dan ingin saya sebagai Pembimbing 1.

  • Bisa coding. Mahasiswa wajib memilih dan mengetahui salah satu bahasa pemrograman, misalnya Python, C#, Java, Delphi, C/C++,  Golang, dll.
  • Mau belajar giat meski kurang bisa coding. Jangan patah semangat apabila kurang bisa coding. Selama mau belajar, tidak ada kata terlambat untuk bisa coding. Saya juga akan berusaha membantu, selama mahasiswa juga mau mencoba.
  • Tidak plagiasi. Plagiasi adalah pencurian di bidang akademik. Jangan sampai mengambil kode, isi skripsi orang lain dan mengaku-aku buatan sendiri. Diperbolehkan menggunakan library, framework, atau code dari orang lain (dengan menyertakan sitasi) tapi metode yang utama harus dibuat sendiri.
  • Rajin, tertib, dan disiplin. Mahasiswa harus tertib, bisa membagi waktu, hadir di saat yang telah ditentukan untuk P0, P1, P2, dst. Meskipun belum sesuai harapan dan target, tetap harus datang untuk mengutarakan kesulitan, masalah, dll. tidak menutup kemungkinan untuk menguatarakan masalah pribadi supaya dosen juga paham.
  • Sekali lagi disiplin, tidak menunggu batas akhir waktu (deadline). Biasanya di akhir-akhir deadline banyak kegiatan di luar kampus, kepanitiaan, ujian skripsi/seminar hasil, bimbingan PKL, dll. Dikhawatirkan apabila “mengandalkan batas waktu” dan “santai” bisa jadi tidak akan bisa bimbingan tepat waktu. Konsekuensinya waktu pengerjaan skripsi akan mundur dan memperlama lulus.

Sebagai Pembimbing 1, bidang penelitian saya antara lain:

  • Temu Kembali Informasi/Perolehan Informasi (Information Retrieval) termasuk Content Based Image Retrieval (CBIR), Multimedia Information Retrieval (MMIR), dll.
  • Pemrosesan Bahasa Alami/Manusia (Natural Language Processing)
  • Penambangan Teks (Text Mining)
  • Penambangan Data (Data Mining)
  • Pembelajaran Mesin (Machine Learning)
  • Pemrosesan Citra Digital (Digital Image Processing) – Minor

Silakan membaca dan berdiskusi terlebih dahulu mengenai judul. Jauh lebih baik apabila mencari referensi tidak hanya dari ruang baca FILKOM, tetapi dari Google Scholar, dll. Untuk menambah wawasan bisa membaca paper jurnal (journal) atau seminar (conference) baik itu nasional maupun internasional.

Untuk referensi di bidang IR silakan baca atau cari tahu di:

Untuk referensi di bidang NLP silakan dibaca di aclweb (beberapa paper bisa diunduh)

Lebih umum bisa dicari di

Untuk IR bisa melihat di TREC (http://trec.nist.gov), CLEF () topik (track) apa yang sedang tren (tiap tahun biasanya berubah). Saya cek situsnya sedang down, jadi bisa cek juga track yang sedang tren di https://en.wikipedia.org/wiki/Text_Retrieval_Conference

Sebagai Pembimbing 2

Apabila saya yang menjadi Pembimbing 2, supaya kalian tidak merasa terbebani selama bimbingan:

 Leave a Reply

(required)

(required)

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>