Jun 152017
 

 Banyak orang yang pintar dan bersekolah, tapi sedikit orang yang jujur dan baik karenanya.

JusticeKebaikan apa yang akan kalian ajarkan ke anak kalian? Itulah yang kalian pelajari saat kuliah. Dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM), mahasiswa diwajibkan untuk mematuhi peraturan umum yang telah ditetapkan oleh universitas, fakultas, dan program studi. Secara khusus, setiap dosen memiliki peraturan yang bisa berbeda-beda (walaupun sebenarnya mirip) yang biasanya tertuang dalam kontrak kuliah di awal perkuliahan. Tujuan kuliah adanya aturan ini adalah memastikan supaya mahasiswa benar-benar mencari ilmu (bukan nilai!), menjadi pribadi yang jujur, disiplin, baik, dan bermartabat.

Bagi mahasiswa yang mengambil kuliah kelas saya, beberapa aturan ini berlaku. Bila tidak bisa mematuhi, silakan mengundurkan diri/membatalkan KRS.

Pengerjaan & Pengumpulan Tugas, Kuis, Proyek Akhir

  • Dilarang berbuat curang dan plagiasi! Mahasiswa yang bermartabat adalah mahasiswa yang mengerjakan tugas dengan baik tanpa melakukan kecurangan seperti plagiasi. Ketidakjujuran. plagiasi, menyontek adalah bibit korupsi dan akar dari kejahatan. Plagiasi dan menyonyek sejatinya adalah pencurian nilai, karena yang seharusnya tidak berhak mendapatkan tetapi menghalalkan segala cara. Apakah kalian akan mengajarkan keburukan ke anak cucu kalian? Kalau kalian ingin anak cucu supaya jujur, mulailah dari diri sendiri untuk selalu jujur!
  • Kumpulkan tugas sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan. Saat kuliah tugas pasti ada banyak, oleh karena sebaik-baiknya mahasiswa dalam mengerjakan tugas adalah yang bisa membagi waktu, tepat waktu, dan disiplin.

Kuliah Di Dalam/Luar Kelas

  • Aktif bertanya saat kuliah. Keaktifan akan dicatat sebagai tambahan nilai, karena salah satu penilaian adalah keaktifan mahasiswa yang merupakan bagian dari proses belajar dan proses mencari ilmu.
  • Diam dan tertib saat kuliah. Jangan menjadi setan dalam kelas. Jangan mengganggu teman dan mengganggu dosen dengan cara tidak tertib dan mengobrol dalam kelas. Ingat, tujuan kuliah di kelas untuk mencari ilmu! Silakan berbicara setelah selesai kuliah. Ada waktunya kapan harus diam dan kapan harus berbicara. Belajarlah menghargai orang lain dengan cara mendengarkan dan memperhatikan.
  • Bertanya apabila tidak bisa dan bingung dalam mengerjakan tugas. Salah satu hak dan kewajiban mahasiswa adalah bertanya kepada dosen apabila merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas. Mahasiswa berhak mendapatkan ilmu dan mencari kebenaran dan pencerahan terhadap kesulitan yang dialami. Jangan mengandalkan teman karena teman dapat menjerumuskan dan akhirnya melakukan plagiasi. Silakan bertanya kapan pun, dengan senang hati saya akan membantu memberi petunjuk dan menjawab pertanyaan.
  • Mahasiswa wajib untuk datang tepat waktu. Saya selalu berusaha datang tepat waktu sebisa mungkin (meskipun saya harus menghadiri rapat, menguji, membimbing, dll). Jangan membiasakan menjadi orang yang selalu telat.
  • Ketua kelas wajib membantu dosen dalam kegiatan PBM sebaik-baiknya. Ada kalanya dosen membutuhkan bantuan, oleh karena itu ketua kelas wajib membantu. Ketua kelas akan mendapatkan nilai keaktifan lebih sesuai kinerjanya di luar keaktifan bertanya

Penilaian

  • Tidak ada perbaikan nilai di akhir perkuliahan. Perbaikan nilai tidak akan diberikan di akhir perkuliahan, oleh karena mahasiswa wajib untuk kuliah sebaik-baiknya mencari ilmu bukan mencari nilai. Nilai yang didapatkan merupakan cerminan hasil kerja dan ilmu yang diperoleh saat kuliah. Tidak ada nilai bagi yang sejatinya tidak mencari ilmu. Silakan mengikuti kuliah di semester berikutnya untuk memperbaiki nilai.
  • Objektivitas. Penilaian akan dilakukan seobjektif mungkin, siapa pun mahasiswanya. Namun, manusia ada kalanya melakukan kesalahan, sehingga apabila ada kesalahan silakan konfirmasikan nilai yang diperoleh.
  • Konfirmasi nilai. Setiap mahasiswa mendapatkan hak untuk mengonfirmasikan nilai. Apabila ada kesalahan dari saya, maka masih dapat diubah hingga tenggat waktu yang ditentukan (biasanya hingga minggu terakhir UAS).

Cara Berkomunikasi

  • Media. Media utama untuk berkomunikasi saat ini hanya melalui surel (e-mail) dan Slack. Saya tidak menerima dan tidak membalas SMS karena beberapa alasan kecuali kepada Ketua Kelas.
  • Ucapkan salam. Awali pesan dengan salam, akhiri dengan ucapan terima kasih atau mohon maaf. Selalu ingat 3 kata ajaib, “terima kasih” (“thank you”), mohon maaf (“sorry“), dan tolong/mohon (“please”). Tiga kata ini akan memberikan energi positif saat berinteraksi, sehingga penting dalam bersosialisasi, baik ke yang lebih muda, sebaya, atau lebih tua.
  • Beritahukan siapa Anda. Selalu beritahukan siapa Anda, dari mana. Hal ini penting salah satunya untuk memberikan nilai keaktifan. Apabila ada pesan yang tidak ada namanya mungkin tidak akan saya balas.
  • Sopan santun. Selalu gunakan kata-kata yang sopan disesuaikan dengan siapa yang diajak berkomunikasi. Apabila Anda berkomunikasi dengan seseorang yang lebih senior (berbeda dengan umur), panggil dengan Pak atau Ibu. Apabila menggunakan bahasa Jawa, jangan gunakan “sampeyan”, “panjenengan” ke senior, kecuali untuk teman sebaya .
  • Kebakuan kata dan diksi. Pilihlah kata yang sesuai beserta kebakuan katanya. Jangan gunakan kata-kata tidak baku seperti bahasa pada chat, seperti aja, banget, pingin, ngonfirmasi, jalanin, dll. Perhatikan juga huruf besar, misalnya penggunaan nama, Pak, Bu
  • Keterlambatan membalas. Saya memohon maaf ada kalanya saya telat bahkan lupa membalas pesan karena saya sendiri juga manusia yang bisa lupa. Silakan ingatkan saya apabila tidak mendapat balasan lebih dari 1 hari.

Akhir kata

Ingat, aturan dibuat bukan untuk dilanggar. Aturan dibuat supaya setiap orang menjadi orang yang baik, berakhlak mulia.

Selamat belajar, teruslah belajar, menjadi orang yang baik dan jujur :)

 Leave a Reply

(required)

(required)

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>